Penjabat Walikota Pontianak Ajak Petani Kembangkan Sorgum

- 25 Januari 2024, 09:09 WIB
Penjabat Walikota Pontianak Ani Sofian
Penjabat Walikota Pontianak Ani Sofian /Foto: pontianak.go.id/

PR KALBAR - Tanaman sorgum sudah ada sejak beberapa tahun belakangan dikembangkan di Kecamatan Pontianak Utara, tepatnya di Kampung Kuat Sihir, Kelurahan Siantan Hilir, Kalimantan Barat.

Penjabat Walikota Pontianak Ani Sofian, mengatakan tanaman pangan sorgum dapat menjadi makanan pokok pengganti beras.

“Tanaman sorgum dikenal di Indonesia lebih dulu di Nusa Tenggara Timur,” ujar Ani Sofian dikutip Kalbartime.com dari pontianak.go.id Kamis, 25 Januari 2024.

Baca Juga: Ini Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023 Qatar

Pengembangan tanaman sorgum sendiri dinilai Ani dapat menjadi solusi menekan inflasi. Ia pun mengapresiasi para pengembang sorgum yang terdiri dari beberapa organisasi dan para ahli. Menurutnya, produk turunan sorgum perlu dikembangkan untuk memperkaya kuliner Kota Pontianak.

“Saya apresiasi kepada petani sorgum. Seperti kita ketahui, lahan sangat terbatas. Mudah-mudahan menambah pendapatan bagi petani,” ungkapnya.

Ani mengajak petani dan koperasi yang menaungi pengembang sorgum, agar dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang eksistensi sorgum karena banyak manfaat. Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berkomitmen mendorong petani sorgum dengan penyediaan modal serta fasilitas alat.

Baca Juga: Propam Polda Kalbar Akan Tindak Tegas Anggota Polisi Yang Tidak Netral di Pemilu 2024

“Kami akan menjalin kerjasama dengan instansi terkait, seperti Bank Kalbar, CSR ataupun koperasi, dibantu dengan alat-alat,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Ngadri

Sumber: pontianak.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah