Polda Kalbar Sebut 161 TPS di Kalbar Masuk Katagori Rawan dari 17.626 TPS

- 1 Februari 2024, 19:45 WIB
Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto
Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto /Foto; Doc Humas Polda Kalbar/

KALBARTIME.COM – Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto memimpin apel pengecekan pasukan serpas  dilapangan Jananuraga di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kalimantan Barat, Kamis 1 Februari 2024.

‘’Polda Kalbar siap mengamankan gelaran pesta  demokrasi dalam pemilu 2024. Sebanyak 4.122 personil sudah disiapkan untuk menjaga dan mengamankan  17.626 TPS di seluruh Kabupaten provinsi  Kalimantan Barat,’’kata Pipit Rismanto.

Kabidhumas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya, menyampaikan bahwa, sebanyak 17.626  TPS yang akan diamankan pihaknya bersama TNI dan unsur stekholder lainnya terdiri dari beberapa jenis tingkat kerawananya.

Baca Juga: KPU Umumkan 12 Panelis dan 2 Moderator untuk Debat Kelima Pilpres 2024 Nanti!

‘’Kami sudah melakukan pemetaan terkait situasi yang ada di wilayah Kalimantan Barat, sehingga dari  17 Ribu lebih TPS di Kalbar ada yang kategori rawan, kurang rawan dan lain-lain,"kata Petit Wijaya.

Menurut Irjen Pol Pipit Rismanto, untuk pengamanan TPS yakni dilakukan dengan selektif prioritas dan kesiapan personel gabungan di setiap wilayah yang ada di Kalbar. Baik itu TNI/Polri, Satpol PP dan Linmas telah disiapkan.

‘’Setelah dievaluasi dengan ketat dari berbagai segi penilaian maka dapat dipetakan dan tercatat sebanyak 161 TPS di Kalbar yang masuk kategori sangat rawan sehingga menjadi pengamanan yang selektif prioritas secara ketat, pengamananya dilakukan secara terbuka dan tertutup, sedangkan untuk kurang rawan tercatat sebanyak 794 TPS dan untuk yang masuk kategori aman tercatat 16.671 TPS,’’imbuhnya.

Baca Juga: Mahfud MD Resmi Mengundurkan Diri dari Kabinet Indonesia Maju

Terkait dengan situasi Kamtibmas, bila ada pelanggaran Kapolda Kalbar memastikan akan melakukan penindakan tegas sesuai dengan mekanisme dan protap yang ada.

Halaman:

Editor: Ngadri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah