Ketua KPPU RI Fanshurullah Asa Sidak di Pasar Flamboyan Pontianak

- 20 Mei 2024, 08:41 WIB
Ketua KPPU RI Fanshurullah Asa Sidak di Pasar Flamboyan Pontianak
Ketua KPPU RI Fanshurullah Asa Sidak di Pasar Flamboyan Pontianak /Foto: Muhammad Rokib/

KALBAR.PIKIRAN-RAKYAT.COM - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Flamboyan Pontianak di Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, pada Minggu 19 Mei 2024.

Ketua KPPU RI Fanshurullah Asa mengatakan, sidak dilakukan merupakan salah satu upaya monitoring dan pengawasan KPPU RI terkait bahan pokok.

Terlebih kata dia, informasi yang didapatnya ada harga bahan pokok yang terjadi kenaikan. Oleh sebab itu,  sidak yang dilakukan sekaligus untuk menggali informasi terkait harga bahan pokok dan persaingan usahanya.

"Tugas kami KPPU memastikan harga bahan pokok yang ada di penjualan masyarakat dan salah satunya di Pasar Flamboyan Pontianak ini harus dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET),"kata Fanshurullah Asa dikutip Senin, 20 Mei 2024.

Baca Juga: Seorang Balita Ditemukan Tak Bernyawa Setelah Terjatuh di Sungai Kapuas Kapuas Hulu

Oleh sebab itu, dirinya menginstruksikan kepada semua Kanwil KPPU terkhusus tujuh kanwil untuk mengecek sidak bersamaan yakni di Medan, Lampung, Kalimantan, Makassar, Surabaya, Yogyakarta dan Bandung.

"Kita bersamaan mengecek karena kami dapat info dari Senayan teman-teman komisi VI menyampaikan, bahwa harga khususnya bawang putih sudah di atas harga acuan. Harga acuan untuk bawang putih yaitu Rp32.000," ungkapnya.

Jelas Fanshurullah Asa, hasil dari pantauan di lapangan, bahwa hampir semua bahan pokok penting terutama bawang putih mengalami kenaikan harga.

Pada saat, KPPU mengecek harga di Pasar Flamboyan Pontianak, untuk harga bawang putih bervariatif mulai Rp34 ribu sampai Rp38 ribu per kg.

Halaman:

Editor: Wan Usman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah