Uji Kompetensi Paket C PKBM Tunas Baru Tumbang Titi Berjalan Lancar

- 20 Mei 2024, 08:46 WIB
Kegiatan Uji Kompetensi Paket C PKBM Tunas Baru di Kecamatan Tumbang Titi Kabupaten Ketapang
Kegiatan Uji Kompetensi Paket C PKBM Tunas Baru di Kecamatan Tumbang Titi Kabupaten Ketapang /Foto : Rahmat Kartolo /

KALBARTIME.COM - PKBM Tunas Baru Tumbang Titi telah melaksanakan Uji Kompetensi (UK) yang diikuti 20 warga belajar. UK berdasar Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 043/H/Kp/2023 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Uji Kesetaraan yang sifatnya masih opsional beloh mengikuti boleh tidak.

Rahmat Kartolo, S.Pd.I., M.Sos Kepala PKBM mengatakan tahun pelajaran 2023-2024 telah meluluskan warga belajar mengikuti ujian sumatif bulan mei ini sebanyak 49 orang warga belajar. Dari 49 orang mengikuti masuk nominasi ada 27 orang dan dinyakatan bersedia ada 20 orang warga belajar. Pada hari minggu tanggal 19-5-2024 dilaksanakan UK bertempat di SMA PGRI Tumbang Titi dilakukan secara online. Secara umum UK berjalan aman dan lancar sekalipun terdapat kendala listrik mati sinyal hilang, tak terlalu lama listrik hidup kembali dan proses UK berjalan normal. Kegiatan UK didampingi pengawas dari Dinas Pendidikan Ibu Renny Julistia.

Kegiatan UK PKBM Tunas Baru tahun ini yang kedua kalinya, di tahun 2023 telah laksanakan alhamdulillah 2022-2023 lulusan perdana program kesetaraan paket C sebanyak 65 orang warga belajar. PKBM Tunas Baru berdiri tahun 2020 berbadan hukum dan diberi ijin operasional tahun 2021.

Rahmat disapa akrab menyampaikan PKBM Tunas Baru sengaja didirikan di kampung halamannya guna memberikan layanan pendidikan bagi saudara, sahabat dan warga pada umumnya tidak berkesempatan pendidikan formal dan atau putus sekolah.

PKBM Tunas Baru saat ini berjalan di tahun ke lima sejak awal didirikan terus belajar membenahi baik kurikulum maupun proses pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar di PKBM Tunas Baru ada tiga  yaitu tatap muka, mandiri dan online. Ketiga ini dikolaborasikan sesuai peraturan pengelolaan pendidikan kesetaraan.

Tahun 2024 PKBM Tunas Baru akan benaung dibawah Yayasan Purnama Tumbang Titi sekarang dalam proses. PKBM Tunas Baru siap melayani masyarakat Kabupaten Ketapang lebih khusus masyarakat sekitar Kecamatan Tumbang Titi.

" PKBM Tunas Baru dalam memberikan layanan sama tanpa membedakan warga belajarnya sesuai aturan yang ada. Komitmen utama adalah masuk PKBM harus ikuti proses dengan benar, jika tidak kami tetap berlakukan tinggal kelas. Dalam perjalanan ini kami terus berbenah dari atas kekurangan yang ada, oleh karena itu kritikan masukan dan saran dalam rangka perbaikan sangat diperlukan", pungkas Rahmat.

Editor: Wan Usman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah