Polres Singkawang OTT Oknum ASN Pungli Pembuatan Surat Pernyataan Tanah

- 21 Mei 2024, 21:27 WIB
Ilustrasi OTT KPK.
Ilustrasi OTT KPK. /Pixabay/4711018

KALBAR.PIKIRAN-RAKYAT.COM - Kepolisian Polres Singkawang melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap seorang oknum ASN berinisial AN di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, pada Senin 20 Mei 2024.

Kasat Reskrim Polres Singkawang AKP Dedi Sitepu membenarkan, bahwa pihaknya ada melakukan operasi tangkap tangan terhadap seorang oknum ASN. Dari hasil penangkapan yang di lakukan Sat Reskrim Polres Singkawang berhasil mengamankan barang bukti kurang lebih Rp. 17.800.000.

“Iya benar oknum ASN Pemkot Singkawang berinisial AN diduga melakukan pungutan liar dengan penerbitan surat pernyataan tanah (SPT) di Kantor Lurah Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan,”kata AKP Dedi Sitepu dikutip Selasa 21 Mei 2024.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Tempat Makan Nasi Kebab Enak dan Murah di Pontianak, Nasi Kabsah Najwa Langganan Pejabat

Kasat Reskrim menambahkan, Pada saat dilakukan penangkapan, barang bukti uang tunai yang berhasil diamankan ada sebanyak Rp1 juta yang tersimpan di meja dan disaku celana terduga pelaku ada sebanyak Rp7 juta.

“Berdasarkan pengakuan pelaku, dia meminta seharga Rp1 juta untuk penerbitan 1 SPT. Terungkapnya dugaan pungli ini, yang mana sebelumnya Polres Singkawang mendapat laporan dari warga yang mengeluhkan adanya pungutan diluar dari prosedur yang ditetapkan Pemkot Singkawang terkait dengan pengurusan SPT yang ada di wilayah Kelurahan Sedau, "tambahnya.

Lebih lanjut, Kasat Reskrim mengatakan, mengenai hal ini juga sebenarnya sudah disampaikan Polres Singkawang beberapa waktu lalu terkait dengan kegiatan sosialisasi Saber Pungli yang dilaksanakan di Kantor Wali Kota Singkawang.

Baca Juga: Resep Bakso Sapi Pipih Kenyal dan Enak, Dijamin Anti Gagal dan Nikmat!

"Bahkan, Pj Wali Kota Singkawang juga sudah menegaskan tidak ada pungli dalam pembiayaan pengurusan apapun di Pemkot Singkawang. Namun kenyataannya, ada masyarakat yang menyampaikan ke kami adanya dugaan pungutan atau patok harga yang disampaikan oleh oknum tersebut,”katanya.

Halaman:

Editor: Ngadri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah