Pj Walikota Pontianak Ani Sofian Minta PPDB Dilaksanakan Transparan

- 11 Juni 2024, 19:14 WIB
Penjabat (Pj) Walikota Pontianak Ani Sofian
Penjabat (Pj) Walikota Pontianak Ani Sofian /Foto: pontianak.go.id/

KALBAR.PIKIRAN-RAKYAT.COM – Pj Walikota Pontianak Ani Sofian meminta Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 dilaksanak secara transparan dan apabila ada kendala agar dilaporkan kepada Pemkot Pontianak.

‘’Sosialisasi dan bimtek ini digelar agar panitia PPDB memahami sepenuhnya tanggung jawab dan kewajiban mereka dalam penyelenggaraan PPDB. Pelaksanaan PPDB tahun ini diharapkan berjalan lancar sesuai dengan aturan yang berlaku. Apabila terdapat kendala dalam proses PPDB, pihak terkait dapat langsung menyampaikannya kepada Pemerintah Kota Pontianak untuk penanganan lebih lanjut,’’kata Ani Sofian dikutip pada Selasa, 11 Juni 2024.

Dalam upaya mendukung siswa-siswi kurang mampu, Ani Sofian menjelaskan bahwa Pemkot Pontianak telah menyiapkan bantuan untuk keperluan sekolah mereka. Penyaluran bantuan ini dilaksanakan melalui mekanisme tertentu, di antaranya melalui proses verifikasi agar bantuan tersebut tepat sasaran dan diberikan kepada mereka yang secara layak membutuhkan.

Baca Juga: AKBP Murjatmo Edi Jabat Kepala Pemeberantasan dan Intelijen BNN Provinsi Kalbar

“Kita berharap bantuan yang disiapkan untuk siswa kurang mampu dapat memberikan manfaat yang optimal serta mendukung terwujudnya pendidikan yang merata dan berkualitas di Kota Pontianak,” tuturnya.

Menurutnya, dari data yang diperoleh, menunjukkan bahwa daya tampung sekolah di Kota Pontianak sangat mencukupi untuk menerima peserta didik, baik yang melalui jalur zonasi, prestasi maupun jalur perpindahan orang tua. Pj Wali Kota menegaskan pentingnya transparansi dalam pelaksanaan PPDB. Selain itu calon siswa yang akan mendaftar juga harus memenuhi semua persyaratan tanpa terkecuali.

"Dalam lingkungan kita, tidak boleh ada satupun anak yang terlewatkan dari kesempatan untuk bersekolah. Semua warga harus memiliki akses pendidikan, tak peduli apa pun kondisinya," ungkapnya.

Baca Juga: Rekomendasi Bakso dan Mie Ayam Paling Enak di Pontianak, Nyesel Kalau Nggak Coba!

Peran serta semua pihak amat diperlukan dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Saat ini, IPM Kota Pontianak telah mencapai angka 81,63, melebihi rerata nasional. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan pendidikan di Kota Pontianak telah berjalan dengan baik.

Halaman:

Editor: Wan Usman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah