Sungai Jawi Dahulu Dan Sekarang

- 15 Mei 2024, 16:06 WIB
Pantai Penage Sungai Jawi Ketapang
Pantai Penage Sungai Jawi Ketapang /Foto : Dr Simon Yosonegoro /

KALBARTIME.COM - Tepatnya di Pantai Penage atau Pantai Pak Usu Akok Sui-Jawi (Pantai PUAS), Dusun Sri Penage, Desa Sungai Jawi. Jaraknya hanya 10 km di selatan "Kota Ketapang". Akses jalannya pun aspal mulus. Sekitar 15-20 menit berkendara sudah sampai di lokasi pantai yang dekat dengan tepi jalan raya.

Pada tahun 1991 dibangun berbagai bangunan unik antara lain Warung Tumbang dan Pensil Raksasa. Keduanya sebagai warung untuk menjual makanan (bakso, gorengan, makan ringan) dan minuman. Selain itu juga terdapat villa atau rumah makan yang cukup besar di dekat pantai. Semua bangunan ini sudah tidak ada lagi karena dimakan usia.

Kalau dahulu ada, sudah jadi tempat yang Instagrammable, istilah tempat yg cocok untuk foto-foto buat postingan Instagram. 

Untuk kegiatan seni, juga ada panggung yang terbuat dari beton. Dahulu sering diadakan acara pada saat liburan misalnya pada liburan Lebaran tahun 1989 (foto atas). Berbagai hiburan dan pentas seni pun diadakan di sini. Ada lagu dangdut, pop dan keroncong. Dahulu grup musik yang paling terkenal bernama Orkes Melayu (OM) Cempaka Ria. Setiap kali OM Cempaka Ria tampil, selalu dipenuhi keramaian. Panggung beton ini masih ada namun sudah kurang terawat.

Saat ini Pantai Penage masih banyak yang piknik di sini terutama di akhir pekan. Terdapat pasar ikan yang menjual berbagai hasil laut yang segar dengan harga terjangkau di jalan masuk pantai ini. Sesekali masih ada acara misalnya Lomba Volley Pantai tingkat Provinsi Kalbar tahun 2024 dan Pasar Malam atau Tong Edan sebelum bulan Ramadhan tahun 2024. 

Demikian sekilas mengenai Pantai Penage alias Pantai Pak Usu Akok Sui-Jawi (Wisata/Pantai PUAS), nama yang diusulkan oleh Kades Sungai Jawi yang menjabat saat ini.

Editor: Wan Usman

Sumber: Fb@Simon Yosonegoro Liem


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah