Kebakaran Lahan Gambut Melanda Kabupaten Ketapang

- 13 Agustus 2023, 21:26 WIB
Kapolres Ketapang AKBP Tommy Ferdian melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut di Desa Sungai Besar Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat pada Minggu 13 Agustus 2023
Kapolres Ketapang AKBP Tommy Ferdian melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut di Desa Sungai Besar Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat pada Minggu 13 Agustus 2023 /Foto: Wan Usman/Kalbartime.com/

KALBAR - Kebakaran hebat melanda lahan gambut di Desa Sungai Besar, Kecamatan Matan Hilir, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat pada Minggu, 13 Agustus 2023.

Kapolres Ketapang AKBP Tommy Ferdian, mengatakan kebakaran lahan gambut terjadi di sejumlah titik di Desa Sungai Besar, Kecamatan Matan Hilir, Kabupaten Ketapang.

"Kebakaran lahan gambut terjadi di sejumlah titik di wilayah Desa Sungai Besar dan pemadaman dilaksanakan dengan pihak BPBD Dan MPA Sungai Besar,"ujar Tommy.

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1: Persib Bandung vs Barito Putera Berbagi Poin

Tommy mengatakan, lahan yang terbaik sulit di padamkan, karena lahan yang terbakar berupa gambut. Walaupun tidak begitu luas, tapi lahan gambut memang termasuk yang sulit dipadamkan.

"Saya minta masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dengan sembarangan tanpa pengawasan, karena bisa menyebabkan kebakaran lahan,"katanya.

Lebih lanjut, Tommy menghimbau kepada masyarakat agar tidak sembarangan membuang puntung rokok dan membakar lahan dikarenakan disituasi kemarau hal yang sangat rawan itu adalah kerawanan kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga: 3 Tempat Makan Mie Pangsit Paling Top di Pontianak, Cek Tempat dan Harganya Disini

“Kami meminta peran masyarakat dalam menangani karhutla. Apabila dari warga ada yang menemukan titik api agar segera memberikan informasi kepada Bhabinkamtibmas atau Babinsa setempat supaya api dapat segera di padamkan dan tidak menyebar luas,"pungkasnya.

Editor: Wan Usman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah