Ditbinmas Polda Kalbar Sosialisasi Aplikasi ADA Polisi

- 31 Mei 2024, 12:24 WIB
Ditbinmas Polda Kalbar didampingi Kasat Binmas Polres Ketapang memberikan sosialisasi tentang penggunaan aplikasi ADA Polisi
Ditbinmas Polda Kalbar didampingi Kasat Binmas Polres Ketapang memberikan sosialisasi tentang penggunaan aplikasi ADA Polisi /Foto : Wan Usman /

KALBARTIME.COM - Tim Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Kalbar melaksanakan kegiatan asistensi Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) serta sosialisasi aplikasi ADA Polisi. Acara yang berlangsung di Aula PPKO Mapolres Ketapang pada Kamis, (30/05/2024) pagi ini dihadiri oleh anggota Satbinmas dan Bhabinkamtibmas jajaran Polres Ketapang.

Kegiatan ini dibuka oleh Kapolres Ketapang yang diwakili Kasat Binmas AKP H Sumiadinata. Dalam kesempatannya, dirinya menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. " Pokdarkamtibmas merupakan garda terdepan dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Dan dengan adanya aplikasi ADA Polisi, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah berperan aktif serta berpartisipasi dalam menjaga keamanan di lingkungan warga," ujar Sumiadinata, Kamis (30/05/2024) Pukul 09.00 Wib.

Dalam sesi asistensi, anggota Bhabinkamtibmas diberikan pembekalan mengenai teknik-teknik dasar pengamanan lingkungan, deteksi dini terhadap potensi gangguan kamtibmas, serta cara berkoordinasi bersama warga masyarakat. Materi ini disampaikan oleh Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Kalbar Kompol M Sahid Hadiwijaya, yang juga menekankan pentingnya kerjasama antara masyarakat dan polisi dalam menciptakan rasa aman di lingkungan.

Sesi berikutnya adalah sosialisasi aplikasi ADA Polisi, sebuah aplikasi inovatif yang dikembangkan oleh Kepolisian untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan kejadian dan mendapatkan informasi terkait keamanan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim laporan secara real-time, mendapatkan notifikasi mengenai situasi kamtibmas di sekitar mereka, dan berkomunikasi langsung dengan petugas polisi.

Bripka Marthinus Panggabean, salah satu anggota tim Ditbinmas Polda Kalbar yang menjadi pemateri menjelaskan cara penggunaan aplikasi tersebut. " Aplikasi ADA Polisi dirancang agar mudah digunakan oleh semua kalangan. Masyarakat bisa melaporkan kejadian dengan cepat dan tepat, serta mendapatkan respons yang segera dari petugas kepolisian," jelas Bripka Marthinus Panggabean.

Acara ini juga diisi dengan sesi tanya jawab, di mana para Bhabinkamtibmas diajak pemateri untuk mempraktekan serta memahami pengaplikasian di lapangan sehingga kedepan komunikasi antar Bhabinkamtibmas dengan warga desa binaan terus berkesinambungan dalam rangka memelihara harkamtibmas di desa binaan.

Di akhir acara, Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Kalbar Kompol M Sahid Hadiwijaya berharap agar semua Bhabinkamtibmas dapat memanfaatkan ilmu yang didapat serta dapat menggunakan aplikasi ADA Polisi dengan maksimal. " Kepada Bhabinkamtibmas, silahkan ajak warga masyarakat untuk aktif dan menjadi mitra, berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan." tutupnya.

Kegiatan asistensi dan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pengawasan keamanan lingkungan dan memperkuat sinergi antara masyarakat dan kepolisian dalam menjaga ketertiban di khususnya di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat.

Editor: Wan Usman

Sumber: Humas Polres Ketapang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah