Pecah! Cawapres 01 dan 03 Nilai 'Food Estate' Abaikan Petani dan Masyarakat Adat

- 21 Januari 2024, 20:15 WIB
Potret Ketiga Cawapres dalam Kontestasi Pilpres 2024 (dari kiri ke kanan), yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.
Potret Ketiga Cawapres dalam Kontestasi Pilpres 2024 (dari kiri ke kanan), yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. /Beny Kawistoro

KALBARTIME.COM - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menggelar Debat Keempat Cawapres yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1).

Ketiga Cawapres didampingi dengan Capres masing-masing berkesempatan menyampaikan visi dan misi pada debat kali ini yang bertemakan: Pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Sesi pertama debat malam ini di awali dengan penyampaian visi, misi dan program kerja dari masing-masing cawapres, berurutan sesuai dengan nomor urut.

Baca Juga: Jelang Debat Keempat, Ini Rekam Jejak Capres Cawapres 2024 Tentang Isu Energi dan Lingkungan!

Pantauan Redaksi Pikiran Rakyat Kalbar menyimak bahwa Program Pangan Nasional Food Estate sempat di singgung oleh Cawapres 01 Muhaimin Iskandar dan Cawapres 03 Mahfud MD.

Muhaimin menilai pemerintah abai terhadap nasib petani Indonesia. Dirinya juga prihatin terkait upaya pemenuhan pangan nasional melalui Food Estate yang mengabaikan para petani dan masyarakat adat, menghasilkan konflik agraria, dan bahkan dinilai merusak lingkungan.

"Ini harus dihentikan!," serunya.

Baca Juga: Ini Jadwal Terbaru Debat Pilpres 2024!

Mahfud menyampaikan bahwa Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia sangat kaya, namun pangan belum berdaulat.

Halaman:

Editor: Beny Kawistoro

Sumber: Youtube Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah