Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Helikopter, Ini Sosok Penggantinya!

- 20 Mei 2024, 16:05 WIB
Mendiang Presiden Iran, Ebrahim Raisi
Mendiang Presiden Iran, Ebrahim Raisi /Instagram @pikiranrakyat

PR Kalbar. Presiden Iran, Ebrahim Raisi, bersama dengan menteri luar negerinya, tewas dalam kecelakaan helikopter di daerah pegunungan pada Minggu (19/5), setelah tim pencari menemukan reruntuhan di Provinsi Azerbajan Timur.

"Presiden Raisi, menteri luar negeri, dan semua penumpang helikopter meninggal dalam kecelakaan itu," ujar seorang pejabat senior Iran kepada Reuters, pada Senin (20/5).

Kantor berita Iran, Mehr, mengonfirmasi kabar kematian presiden Iran tersebut. Mereka melaporkan bahwa semua penumpang helikopter yang membawa presiden dan menteri luar negeri Iran telah meninggal.

Seorang pejabat Iran sebelumnya telah memberitahu Reuters bahwa helikopter yang membawa Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian habis terbakar dalam kecelakaan pada Minggu (19/5).

Berdasarkan aturan konstitusi negara, sosok yang bakal menggantikan Raisi, dan menjadi presiden sementara adalah Mohammad Mokhber (68).

Mohammad Mokhber merupakan wakil presiden pertama Iran. Nantinya Mokhber akan menjadi bagian dari dewan yang beranggotakan tiga orang bersama ketua parlemen dan ketua pengadilan untuk menggelar pemilihan presiden baru, yang akan diadakan 50 hari setelah kematian Raisi.***

Editor: Beny Kawistoro

Sumber: Instagram @pikiranrakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah