Prodi Pendidikan Kimia UMP Dorong Revolusi Literasi melalui Pojok Baca Inovatif di SMAN 2 Sandai

- 7 Juni 2024, 22:09 WIB
Aktivitas Kegiatan Pojok Baca Inovatif di SMAN 2 Sandai
Aktivitas Kegiatan Pojok Baca Inovatif di SMAN 2 Sandai /

PR KALBAR. Kegiatan untuk meningkatkan kemampuan memahami informsi secara kritis, kreatif dan reflektif melalui membaca, berfikir dan menulis.

Di era digitalisasi minat baca siswa semakin menurun, hampir semua hal dapat divisualisasikan dalam bentuk grafis sehingga mengurangi minat baca pada siswa khususnya di SMAN 2 SANDAI.

Contohnya ketika sebuah novel fiksi, komik atau buku dongeng dan cerpen di jadikan film layar lebar dan film animasi. Hal tersebut lebih efesien waktu karena siswa dapat memahami isi cerita hanya memerlukan waktu sekitar 1-2 jam dengan menonton daripada membaca buku.

Aktivitas Kegiatan Pojok Baca Inovatif di SMAN 2 Sandai
Aktivitas Kegiatan Pojok Baca Inovatif di SMAN 2 Sandai

Rendahnya minat baca merupakan permasalahan yang harus di atasi. Adapun langkah-langkah yang harus di tempuh untuk mengatasi permasalahan rendahnya minat baca ini adalah dengan mengoptimalkan gerakan literasi pada siswa di SMAN 2 Sandai.

Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia UM Pontianak, sekaligus Ketua Program, Tiara menjelaskan bahwa literasi penting untuk meningkatkan minat bakat, serta jiwa kepemimpinan.

"Terwujudnya karakter murid yang memiliki pengetahuan dari sumber-sumber informasi yang diperoleh dan menjadi murid yang berani tampil dan mengekspresikan bakat maupun potensinya pada akhirnya besar harapan saya bahwa program ini akan bisa mewujudkan profil pelajar pancasila," ujarnya, Senin (27/5).

Tiara juga menyampaikan bahwa terlaksananya program ini tidak terlepas dari kolaborasi semua pemangku kepentingan, terutama murid yang sangat antusias terlibat dalam program literasi, guru mata pelajaran dan wali kelas yang mengkoordinir kegiatan.

Selain itu, lanjutnya, ada beberapa kegiatan yang dilakukan selama berada di sekolah diantaranya, membuat taman dan motivasi gemar membaca dengan bercerita singkat tentang cerita sejarah indonesia serta dongeng nusantara agar siswa tertarik dengan minat baca.

Halaman:

Editor: Beny Kawistoro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah