Bangun Karakter Kepemimpinan Siswa SMAN 2 Sandai, Prodi Pendidikan Kimia UMP Gelar Kemah Persami

- 8 Juni 2024, 08:18 WIB
Suasana aktivitas kegiatan Kemah Persami yang digelar oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP UM Pontianak di SMAN 2 Sandai, Ketapang
Suasana aktivitas kegiatan Kemah Persami yang digelar oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP UM Pontianak di SMAN 2 Sandai, Ketapang /

PR KALBAR. Pada akhir pekan lalu, suasana di SMAN 2 Sandai, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, begitu semarak dengan adanya Kemah Persami dan Pengukuhan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang digelar oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Pontianak (UM) Pontiank.

Acara yang bertujuan untuk mendorong pembangunan karakter kepemimpinan siswa ini dihadiri oleh 46 siswa SMAN 2 Sandai dari berbagai kelas. Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP UM Pontianak mempersiapkan acara dengan seksama, menawarkan serangkaian kegiatan yang tidak hanya mendidik, tetapi juga menginspirasi.

Kemah Persami menghadirkan beragam kegiatan, mulai dari outbound, games edukatif, hingga diskusi kelompok. Melalui kegiatan tersebut, siswa diajak untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan, kerjasama tim, serta keberanian dalam menghadapi tantangan.

Suasana aktivitas kegiatan Kemah Persami yang digelar oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP UM Pontianak di SMAN 2 Sandai, Ketapang
Suasana aktivitas kegiatan Kemah Persami yang digelar oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP UM Pontianak di SMAN 2 Sandai, Ketapang

Selain itu, puncak acara kemah adalah pengukuhan OSIS periode baru. Dalam upacara pengukuhan tersebut, siswa yang terpilih untuk memegang jabatan di OSIS disematkan tanda penghargaan oleh para mahasiswa pembimbing. Prosesi pengukuhan ini menjadi momentum penting untuk menginspirasi siswa agar dapat menjalankan peran mereka sebagai pemimpin dengan tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi.

"Dengan acara ini, kami berharap dapat membantu siswa SMAN 2 Sandai untuk mengembangkan potensi kepemimpinan mereka, serta meningkatkan rasa kebersamaan dan semangat dalam menjalankan tugas-tugas keorganisasian," ujar salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP UMP, yang akrab di sapa Cece, Jumat (7/6).

Kepala SMAN 2 Sandai, Sudiyansah, S.Pd., M.Pd menyambut baik inisiatif dari mahasiswa FKIP UM Pontianak tersebut.

"Kegiatan semacam ini sangat penting dalam membentuk karakter dan kualitas kepemimpinan siswa di sekolah," ujarnya, Sabtu (2/6) lalu.

Sudiansyah menambahkan bahwa acara ini juga disambut positif oleh para orang tua siswa, yang melihatnya sebagai peluang berharga bagi anak-anak mereka untuk belajar dan berkembang dalam suasana yang mendukung.

Halaman:

Editor: Beny Kawistoro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah