Kasus Kematian Yesa, Polisi Tetapkan Tujuh Tersangka

- 4 Desember 2023, 14:39 WIB
Konferensi Pers di Mapolres Ketapang
Konferensi Pers di Mapolres Ketapang /



PR KALBAR - Kepolisian Resort (Polres) Ketapang tetapkan Tujuh orang tersangka kasus perbuatan kekerasan yang menyebabkan meninggalnya Yesa seorang anak perempuan berusia Tujuh Tahun di kecamatan Sandai kabupaten Ketapang.

Pernyataan tersebut disampaikan pihak Polres Ketapang saat Konferensi Pers di aula Mapolres Ketapang, Senin (4/12/2023).

Kapolres Ketapang, AKBP Tommy Ferdian  mengatakan kalau pihaknya telah mentapkan tersangka terhadap 7 orang pelaku yang terdiri dari 5 perempuan dan 2 laki-laki, pada Sabtu (2/12/2023).

" Ketujuh pelaku diantaranya Ibu angkat korban berinisial SST serta YLT selaku ayah angkat korbannya. Lima tersangka lainnya merupakan karyawan toko yang bekerja disana diantaranya berinisial MLS, DS, AMP, DS dan AA. Ketujuh tersangka diduga telah melakukan kekerasan terhadap korban dengan cara atau peran masing-masing," katanya.

Tommy melanjutkan, kalau ketujuh tersangka memiliki peran masing-masing dalam kasus ini mulai dari melakukan kekerasan fisik secara langsung, membantu melakukan kekerasan fisik dan ada juga yang dengan sengaja membiarkan terjadinya perbuatan kekerasan terhadap korban.

"Yang paling dominan melakukan kekerasan ibu angkat korban, kekerasan tidak hanya sekali tapi sejak korban bergabung dengan keluarga tersangka pada tahun 2021 lalu. Saat ini semua tersangka sudah kita tahan di Mapolres Ketapang dan akan kita lakukan proses hukum lebih lanjut," tegasnya.

Tommy menambahkan, kasus ini terungkap berawal dari adanya informasi mengenai meninggalnya seorang bocah perempuan berusia 7 tahun berinisial YE di Kecamatan Sandai, Kamis (23/11/2023) lalu. Pihaknya yang mendapat informasi langsung melakukan langkah-langkah penyelidikan baik dengan memeriksa para pihak hingga melakukan autopsi terhadap jenazah korban.

"Dari hasil penyelidikan baik dengan memeriksa orang tua angkat korban, karyawan toko serta pemeriksaan CCTV yang ada di rumah korban, ditemukan bukti-bukti yang mengarah ke perbuatan masing-masing pelaku hingga kita tetapkan tersangka," jelasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Ketapang, AKP Fariz Kautsar mengatakan kalau awalnya kedua orang tua angkat korban tidak mengakui perbuatannya, namun setelah dilakukan pemeriksaan intensif akhirnya kedua orang tua angkat korban mengakui perbuatannya. Bahkan pada saat kematian korban diketahui terjadi akibat korban diselamkan oleh ibu angkatnya di sungai atau parit belakang rumahnya.

"Pada hari kejadian korban diajak belajar berenang oleh ibu angkatnya, saat itulah korban kemudian dicelup-celupkan ke dalam air dan diduga akibat itu terjadi pendarahan dan korban yang sempat di bawah ke puskesmas akhirnya meninggal dunia," akunya.

Fariz menerangkan kalau perbuatan yang dilakukan para tersangka tidak hanya sekali namun berulang kali terutama yang paling dominan dilakukan oleh ibu angkat korban dengan berbagai macam cara baik dengan menampar, mencubit dengan tangan kosong hingga menggunakan alat seperti karet pentil, diikat, dijemur, di sikat hingga dicubit menggunakan tang.

"Motif melakukan kekerasan alasannya karena untuk menghukum korban, karena keseringan dicubit akhirnya menggunakan tang, bahkan bekas luka korban dibaluri cabe dan disikat menggunakan sikat badan," tuturnya.

Akibat perbuatannya, para pelaku dikenakan pasal dimana setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan Kekerasan terhadap Anak Junto Dalam hal Anak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mati, maka pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama.

"15 tahun penjara dan atau denda paling banyak Rp 3 Miliar sebagaimana dimaksud pada Pasal 76C Junto Pasal 80 ayat 3 Undang Undang RI no 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang Undang RI no 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak atau Pasal 44 ayat (3) UU no. 23 tahun 2004 Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah tangga atau Pasal 170 ayat 3(e) KUHP," ungkapnya.

Editor: Wan Usman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah