Sujiwo Pastikan Maju Calon Bupati Kubu Raya di Pilkada 2024

- 20 April 2024, 19:26 WIB
Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019-2024 Sujiwo memastikan siap maju di Pilkada Kubu Raya 2024
Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019-2024 Sujiwo memastikan siap maju di Pilkada Kubu Raya 2024 /Foto: Ngadri/Kalbartime.com/

KALBARTIME.COM - Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019-2024 Sujiwo memastikan siap maju di Pilkada Kubu Raya 2024. Politikus PDI Perjuangan itu bahkan sudah menyiapkan konsep untuk mengakselerasi kemajuan daerah paling belia di Kalbar tersebut.

Konsep yang ditawarkan Sujiwo untuk memajukan Kubu Raya ialah mempercepat kemandirian desa. Dia berpandangan bahwa daerah akan sulit maju jika desa-desanya masih belum maju dan mandiri.

"Konsep saya ke depan ialah mewujudkan Kubu Raya yang mandiri, maju, dan sejahtera. Untuk mewujudkan itu, maka desa harus kita jadikan garda terdepan. Membangun daerah harus dimulai dari desa. Saya pribadi berkeyakinan, jika selama lima tahun 75 persen saja desa kita berstatus mandiri, maka secara otomatis daerahnya juga akan maju, sejahtera, dan mandiri," ucapnya saat diwawancarai wartawan di Kubu Raya, Sabtu 20 April 2024.

Baca Juga: Warkop Maknyah Pencat Salah Satu Tempat Ngopi Terbaik Di Ketapang

Sujiwo menerangkan, upaya mengakselerasi kemandirian desa itu akan ia mulai dengan menaikkan honor perangkat desa, BPD, serta pengurus RT dan RW. Menurutnya, peranan aparatur desa baru bisa berjalan optimal jika mereka dalam kondisi sejahtera.

"Seluruh potensi yang ada di desa baru bisa diangkat ketika semuanya, dari mulai RT, RW, BPD, dusun, dan perangkat desa mengambil peran masing-masing secara optimal. Pertanyaannya, bagaimana kemudian kita bisa menuntut mereka berperan maksimal sementara yang mereka terima tiap bulan jauh dari kata layak," imbuhnya.

"Oleh sebab itu, konsep dari saya, mereka harus diberikan penghargaan lebih dulu berupa kenaikan honor. Sudah saatnya honor RT, RW, dusun, kades, dan perangkat desa untuk dirasionalisasikan. Saya pikir itu bisa dilakukan dengan kondisi sekarang yang APBD kita yang sudah mencapai Rp1,6 triliun," lanjutnya.

Baca Juga: Daftar 35 Paket Proyek Fisik di Kayong Utara Siap Dilelang, Cek Disini?

Selain mempercepat kemandirian desa, dalam upaya mewujudkan Kubu Raya yang maju, mandiri, dan sejahtera, Sujiwo juga berkomitmen untuk mengoptimalkan sumber pendanaan pembangunan di luar APBD. Dia berkeyakinan kalau akselerasi pembangunan tidak akan berjalan maksimal jika pemerintah daerah semata-meata mengandalkan APBD sebagai sumber pendanaan.

Halaman:

Editor: Ngadri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x