May Day 2024, GSBI Kalbar Gelar FGD di Area Objek Wisata Jungkat Beach

- 2 Mei 2024, 18:37 WIB
Memperingati Hari Buruh Sedunia DPD Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Kalbar menggelar Focus Grup Disscussion (FGD) dengan tema 'May Day  Terampil Day' di Jungkat Beach Kecamatan Siantan Hulu, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, pada Rabu 1 Mei 2024.
Memperingati Hari Buruh Sedunia DPD Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Kalbar menggelar Focus Grup Disscussion (FGD) dengan tema 'May Day Terampil Day' di Jungkat Beach Kecamatan Siantan Hulu, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, pada Rabu 1 Mei 2024. /Foto: Rokib/

KALBARTIEM.COM – Memperingati Hari Buruh Sedunia DPD Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Kalbar menggelar Focus Grup Disscussion (FGD) dengan tema 'May Day  Terampil Day' di Jungkat Beach Kecamatan Siantan Hulu, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, pada Rabu 1 Mei 2024.

Plt. Ketua GBSI Wahyu Setiawan menyampaikan, bahwa hari buruh merupakan moment penting bagi seluruh buruh di seluruh dunia, termasuk di Indonesia dan Kalbar. Oleh sebab itu, kaum buruh harus menjaga solidaritas bersama, karena pembangunan negara tidak terlepas dari kaum buruh.

"Berbagi persoalan yang di hadapi kaum buruh karena banyak terjadi penindasan oleh para pemilik modal, baik penindasan dari pemberian jam kerja yang tidak sesuai aturan, upah pokok yang tidak di bayarkan, dan tunjangan hari raya yang sampai dengan saat ini ada yang tidak mendapatkan hak nya tersebut. Oleh sebab itu, kegiatan fun day dan FGD tidak akan meninggalkan esenssi dari perjuangan buruh, dan kegiatan ini bertujuan untuk membangun emosional, serta merehatkan pikiran kita," ungkap Wahyu dikutip Kamis, 2 Mei 2024.

Baca Juga: May Day, Ratusan Buruh SBSI dan FSPMI Demo Kantor Bupati Ketapang dan DPRD Ketapang

Oleh sebab itu, peringatan hari buruh Internasional ini melibatkan berbagai pihak sebagai upaya memperjuangkan aspirasi dengan metode tatap muka bersama para LBH dan pemerintah sehingga lebih efektif dan effisien dari pada melakukan aksi turun ke jalan.

"Kita juga menghimbau kepada seluruh serikat buruh yang tergabung didalam GSBI agar tetap solid dan kompak dalam memperjuangkan setiap aspirasi kaum buruh, agar tidak mudah terprovokasi oleh kelompok lain, serta menghimbau agar dalam penyampaian tuntutan dan aspirasi dapat disampaikan secara dialogis dan administratif tanpa melibatkan banyak massa," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPC GSBI Kabupaten Bengkayang Asdiansyah menyampaikan, alas an fun day dan FGD yang difasilitasi oleh GSBI ini dilaksanakan di Kabupaten Mempawah, karena di Mempawah masih belum terbentuknya serikat nasional.

“May day adalah merupakan hari kita, kita membuat acara ini dari kita dan untuk kita, kita meluangkan waktu untuk bersantai dan bergembira tanpa mengurangi esensi dari May Day itu sendiri, kita menyampaikan aspirai buruh dengan gembira dan santai tanpa harus berpanas di bawah terik matahari,” ungkapnya.

Baca Juga: May Day, Pj Walikota Pontianak Menyoroti Peningkatan Hidup Para Pekerja

Halaman:

Editor: Ngadri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah