Kisah Pilu TKI Asal NTT, Korban Agen Ilegal Hingga Meninggal Dunia di Pontianak

- 21 November 2023, 14:50 WIB
Tenaga kerja Indonesia Asal NTT meninggal dunia di Rumah Sakit dr Sudarso Pontianak
Tenaga kerja Indonesia Asal NTT meninggal dunia di Rumah Sakit dr Sudarso Pontianak /Foto: Ngadri/PR KALBAR /

PR KALBAR - Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diduga illegal berinisial ABD (26) yang dipulangkan oleh perusahaan tempatnya bekerja di Malaysia meninggal dunia saat dibawa Ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso Pontianak dari Bandara Supadio, Kalimantan Barat Sabtu 18 November 2023.

Korban merupakan TKI asal Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sudah bekerja selama sekitar satu tahun di Malaysia sebagai buruh sawit. Dari mereka berdua, hanya suami yang memiliki pasport.

ABD mengikuti suaminya bekerja tanpa dokumen resmi dan masuk melalui jalur tikus dibawa oleh seorang agen melalui perbatasan Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Baik masuk maupun keluar mereka berdua melalui jalur tidak resmi.

Baca Juga: Kepala Desa Sungai Kakap Minta Pemprov Kalbar Perbaiki Jembatan Rusak

Sebelumnya korban mengalami gangguan kesehatan saat bekerja di Malaysia sehingga dipulangkan oleh bos tempat dia bekerja melalui jalur tikus perbatasan Aruk, Kecamatan Sajingan, Kabupaten Sambas. Menurut sang suami, korban juga sedang hamil tiga bulan.

Untuk menuju ke Bandara Supadio Pontianak, korban bersama suaminya diantar oleh seorang agen. Mereka juga sudah memesan tiket pesawat untuk pulang ke kampung halaman.

“Namun setelah diantar ke bandara, mereka berdua langsung ditinggalkan oleh Agen begitu saja,” kata pembina Flobamora NTT Kalimantan Barat, Yohanes Bana, Minggu (19/11/2023).

Yohanes Bana, menambahkan, karena kondisi korban semakin memburuk, oleh pihak bandara korban tidak layak untuk diterbangkan sehingga oleh keluarga besar Flobamora dilarikan ke RSUD Soedarso Pontianak.

Baca Juga: Resep Cara Membuat Kue Lapis Legit Gulung Enak, Cocok Buat Ide Jualan dan Lebaran Idul Fitri

Halaman:

Editor: Ngadri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah