Pemkot Pontianak Meraih Penghargaan Best Practice Percepatan Penurunan Stunting dari Pemprov Kalbar

- 20 Juni 2024, 20:02 WIB
 Pemerintah Kota Pontianak berhasil meraih penghargaan Best Practice Percepatan Penurunan Stunting dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.
Pemerintah Kota Pontianak berhasil meraih penghargaan Best Practice Percepatan Penurunan Stunting dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. /Foto: pontianak.go.id/

KALBARTIME.COM - Pemerintah Kota Pontianak berhasil meraih penghargaan Best Practice Percepatan Penurunan Stunting dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Penghargaan diserahkan Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Habuwono kepada Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pontianak Rifka saat Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakersda) di Hotel Aston Pontianak, Kamis 20 Juni 2024.

Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian mengungkapkan, kunci keberhasilan atas capaian penghargaan ini tidak terlepas dari keterlibatan aktif stakeholder dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam melakukan intervensi gizi yang sensitif dan spesifik. Dalam upaya penurunan angka stunting di Kota Pontianak, ia mengapresiasi keterlibatan semua pihak yang turut berperan aktif. Kolaborasi yang erat antara stakeholder dan OPD terkait sangat memperkuat langkah-langkah intervensi gizi yang dijalankan.

“Penghargaan ini menjadi bukti nyata akan keberhasilan upaya bersama kita dalam menangani permasalahan stunting di Kota Pontianak,"kata Ani Sofian dikutip Kamis, 20 Juni 2024.

Baca Juga: 5 Makanan Kuliner Khas Mempawah Wajib di Cicipi, Rasanya Enak dan Lezat Dijamin Nagih

Lebih lanjut, Ani Sofian menjelaskan, melalui program intervensi gizi yang sensitif dan spesifik, Kota Pontianak berhasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam menanggulangi masalah stunting pada anak-anak di Kota Pontianak.

"Dengan sinergi yang baik antara berbagai pihak, implementasi program-program yang efektif untuk meningkatkan status gizi anak berjalan baik,” imbuhnya.

Dia juga menekankan pentingnya edukasi dan pembinaan kepada para orang tua dan keluarga dalam hal gizi yang seimbang dan bergizi. Menurutnya, pemahaman yang baik terkait pola makan yang sehat dan pentingnya gizi bagi pertumbuhan anak-anak merupakan langkah awal yang krusial dalam menangani masalah stunting.

"Kita akan terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pemenuhan gizi yang seimbang dalam makanan sehari-hari. Dengan pemahaman yang baik, diharapkan orang tua dapat memberikan asupan gizi yang cukup dan berkualitas kepada anak-anak mereka," kata Ani Sofian.

Baca Juga: Polresta Pontianak Tangkap Oknum Pegawai BUMN Diduga Rudapaksa Anak Bawah Umur

Halaman:

Editor: Ngadri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah