PLN UID Kalbar Menyabet Penghargaan Bergengsi Pada Ajang Enlit Asia 2023

- 16 November 2023, 07:30 WIB
PLN UID Kalimantan Barat menyabet penghargaan bergengsi dalam ajang Enlit Asia 2023 yang dilaksanakan pada 14-16 November 2023 di ICE BSD City, Kota Tangerang.
PLN UID Kalimantan Barat menyabet penghargaan bergengsi dalam ajang Enlit Asia 2023 yang dilaksanakan pada 14-16 November 2023 di ICE BSD City, Kota Tangerang. /Foto: Beny Kawistoro/Kalbartime.com/

KALBARTIME.COM - PLN UID Kalimantan Barat menyabet penghargaan bergengsi dalam ajang Enlit Asia 2023 yang dilaksanakan pada 14-16 November 2023 di ICE BSD City, Kota Tangerang. Untuk kategori Asean Electrification Project Of The Year dengan Thema Electrifying Borneo.

Penghargaan diterima secara langsung oleh Senior Manager Perencanaan PLN UID Kalbar, Moch Rochim. Enlit Asia 2023 yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Listrik Nasional ke 78 ini menyatukan lebih dari 12.000 pemangku kepentingan industri melalui platform digital. Misi Enlit Asia adalah untuk mempromosikan kolaborasi ekstensif dalam sektor energi ASEAN, menghubungkan pembuat kebijakan, regulator, penyedia kebijakan, dan konsumen energi untuk mendukung transisi energi dan mencapai target Net Zero Emission 2060.

"Ini buah hasil kerja keras seluruh anggota Tim yang telah membuat dan menyempurnakan Aplikasi ArcGIS sehingga mampu menjawab tantangan dalam upaya membangun infrastruktur kelistrikan di Kalimantan Barat," ungkap General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko dikutip Kamis, 16 November 2023.

Baca Juga: Egy Maulana Vikri : Timnas Indonesia Datang ke Irak Untuk Menang

Dikatakannya, pembuatan aplikasi ArcGIS sendiri melalui proses yang sangat panjang, dengan melibatkan berbagai pihak, baik internal maupun stakeholder eksternal guna melengkapi data, seperti data kependudukan, data batas wilayah desa, kondisi geografis, data jaringan listrik eksisting, dan lain-lain, yang semuanya dikolaborasikan dalam bentuk Geospasial melalui aplikasi ArcGIS

"Dengan kecanggihan aplikasi ArcGIS ini sangat memudahkan kami dalam merencanakan pembangunan dan perluasan infrastruktur kelistrikan di Kalimantan Barat, karena datanya sudah lengkap dan tentunya sudah berbasis digital," ujar Jatmiko.

Diakuinya, sebelum adanya aplikasi ArcGIS ini pihaknya butuh waktu yang lama dalam merencanakan pembangunan infrastruktur kelistrikan karena harus survey ke lokasi yang jaraknya sangat berjauhan, belum lagi kendala medan yang sulit, kebutuhan finansial yang cukup besar, serta kebutuhan SDM yg banyak sejalan dengan masih banyaknya jumlah lokasi desa yang belum berlistrik. Sehingga membuat perencanaan menjadi sangat lama.

Baca Juga: Polda Kalbar Gagalkan Penyelundupan Narkoba 10 Kilogram dan Pil Ekstasi Asal Malaysia

Dengan diraihnya penghargaan tersebut, secara keseluruhan PT PLN (Persero) meraih 5 penghargaan sekaligus, yakni ; Male Executive of the Year yang dianugerahkan kepada Direktur Utama PLN, Darmawan Prasojo atas keberhasilannya melakukan transformasi digital di tubuh PLN dan mengakselerasi transisi energi di Indonesia, Power Utility of The Year, Innovation of the Year untuk aplikasi PLN Mobile, Renewable Energy & Sustainability Project Of The Year untuk proyek PLTS Terapung Cirata, dan ASEAN Electrification Project Of The Year untuk elektrifikasi Kalimantan.

Halaman:

Editor: Wan Usman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah