Terapkan Sistem Khusus, Jokowi Resmikan Gedung Tahan Gempa Pertama di Indonesia!

- 27 Maret 2024, 12:42 WIB
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bangunan Pascagempa di Provinsi Sulawesi Tengah.
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bangunan Pascagempa di Provinsi Sulawesi Tengah. /Instagram @pikiranrakyat

PR KALBAR. Sudah berlalu lebih dari 5 tahun lamanya, Gempa dan Tsunami yang pernah melanda warga Palu dan Donggala.

Akibat dari bencana alam tersebut, dilaporkan sekitar 4.340 orang korban meninggal dunia, serta insiden ini menjadi salah satu gempa bumi paling mematikan yang pernah melanda Indonesia pasca Gempa Bumi Yogyakarta pada tahun 2006 lalu dan secara global menjadi bencana paling mematikan di tahun 2018 saat itu.

BMKG juga mengkonfirmasi bahwa tsunami yang pernah melanda Pemukiman Warga di dataran sekitaran Teluk Palu pada 2018 lalu mencapai ketinggian maksimum 4 hingga 7 meter (13 hingga 23 kaki).

Sebagai upaya mitigasi atas bencana serupa di lokasi tersebut, Presiden Joko Widodo meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan pascabencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Kota Palu pada tahun 2018 lalu.

Dikutip dari Instagram @pikiranrakyat, Rabu (27/3), Presiden Jokowi mengatakan bahwa melalui Instruksi Presiden Nomor 8 tahun 2022 tentang penuntasan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Provinsi Sulawesi Tengah, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan kondisi yang terdampak.

Presiden RI ke-7 ini menyebutkan bahwa salah satu upaya rekonstruksi bangunan yang telah dilakukan yaitu dengan membangun Gedung AMC, RSUD Anutapura.

Gedung yang dibangun dengan anggaran Rp244 miliar tersebut menjadi gedung pertama di Indonesia yang menerapkan sistem base isolation dengan bantalan karet inti timbal atau lead rubber bearing untuk mengurangi dampak gempa.

"Tadi saya sudah diberikan gambarnya, di bawah gedung ini ada kayak Shockbreaker, jadi bisa lentur jika terjadi gempa, tapi kita tidak mengharapkan adanya gempa," beber Presiden Jokowi.***

Editor: Beny Kawistoro

Sumber: Instagram @pikiranrakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah