Polisi Tangkap Dua Pelaku Pungutan Liar di SPBU Kubu Raya

- 13 November 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi penangkapan
Ilustrasi penangkapan /Foto: Pixabay/

KALBARTIME.COM – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kubu Raya berhasil menangkap dua orang diduga pelaku pungutan liar (Pungli) yang meresahkan masayarakat di SPBU di Jalan Trans Kalimantan, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat Jumat, 11 November 2023.

Kedua pelaku pungutan liar tersebut adalah berinisial D dan Mul yang merupakan warga sekitar lokasi SPBU.

Kasatreskrim Polres Kubu Raya IPTU Heru Anggoro, menjelaskan, kedua terduga pelaku ini diamankan berdasarkan laporan dari masyarakat karena resah dengan aksi kedua pelaku yang melakukan dugaan pungli dan premanisme yang mereka lakukan terhadap sopir kendaraan truk yang mengantri mengisi BBM Solar Bersubsidi.

Baca Juga: Breaking Nesw: KPK Gelar Operasi Tangkap Tangan di Kabupaten Sorong Papua Barat Daya

Modus keduanya dikatakan Heru dengan cara meminta uang sebesar RP.100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) kepada para supir truk yang mengantri untuk mengisi BBM di SPBU tersebut.

"Setiap supir truk yang mengantri pengisian BBM Solar di SPBU dimintai uang sebesar Rp.100.000,-.  Dalam sehari mereka bisa mendapat keuntungan hingga Rp. 1.700.000,-  hingga Rp.2.000.000,’’jelas Heru Anggoro dikutip Senin, 13 November 2023.

Hasil dari pungutan liar terhadap supir tersebut, ia katakan dibagi kepada sejumlah orang yang ada pada kelompok tersebut, termasuk seorang oknum pegawai SPBU. Oknum pegawai SPBU mendapat setoran mencapai Rp.700.000,- per minggu.

Baca Juga: Oesman Sapta Odang hadiri Konsolidasi DPC Partai Hanura Singkawang

"Terhadap kedua pelaku sudah kami amankan karena melanggar pasal 368 KUHP, namun sampai saat ini Polres Kubu Raya maupun Polsek Ambawang belum menerima laporan dari korban pungli dari kedua pelaku tersebut. Dalam hal ini kami akan terus berkoordinasi dengan pihak SPBU ataupun supir truk untuk melaporkan peristiwa tersebut,"pungkasnya.***

Halaman:

Editor: Wan Usman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah