PLN UID Kalbar Menyalakan Listrik 24 Jam di Desa Nanga Lebang Sintang

- 28 Juni 2024, 07:16 WIB
PT PLN (Persero) memberikan promo spesial tambah daya dalam rangka merayakan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 yang jatuh pada 27 Oktober
PT PLN (Persero) memberikan promo spesial tambah daya dalam rangka merayakan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 yang jatuh pada 27 Oktober /Foto:istimewa/Beny Kawistoro/Kalbartime.com/

KALBARTIME.COM - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Barat telah berhasil melakukan penyambungan Unit Listrik Desa (ULD) Nanga Lebang Sintang menjadi sistem grid pola operasi dari 12 jam menjadi 24 jam pada program dedieselisasi Rabu, 26 Juni 2024.

Melalui program dedieselisasi dan perubahan jam pelayanan ini PLN dapat menekan biaya operasional sebesar 2,9 Milyar per tahun.

General Manger PLN UID Kalimantan Barat Joice Lanny Wantania mengatakan dengan adanya sistem grid ini, mesin PLTD stop operasi dan berubahnya pola operasi dari 12 jam menjadi 24 jam PLN UID Kalbar dapat menghemat 2,9 Milyar per tahun.

Joice menyebut, program dedieselisasi ini menjadi langkah kecil dari PLN, tetapi akan menjadi lompatan besar bagi pencapaian target pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) 2060.

Baca Juga: SDM Polri Menggelar Bhakti Sosial Kesehatan Gratis di HUT Bhayangkara ke 78

"Untuk mengurangi emisi karbon dan meningkatkan bauran energi bersih, PLN melakukan program dedieselisasi atau konversi, saat ini masih ada 40 unit pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang beroperasi di Kalimantan Barat,” ujar Joice dikutip pada Jumat, 28 Juni 2024.

Lebih lanjut dikatakannya, PLTD tersebut nantinya akan dikonversi ke pembangkit berbasis energi baru terbarukan (EBT) energi bersih yang ramah lingkungan, seperti pembangkit Biogas dan Biomass serta melakukan integrasi dengan grid Sistim kelistrikan Khatulistiwa.

Menurut Joice, keberadaan listrik yang menyala 24 jam tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di Desa Nanga Lebang Sintang, seluruh aspek kehidupan masyarakat akan semakin berkembang, kualitas hidup masyarakat pun terus meningkat.

Baca Juga: KPH Kubu Raya Minta Warga Laporkan Ilegal Logging di Ambawang Secara Resmi

Halaman:

Editor: Wan Usman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah